Ini Dia Jenis Tanaman Hias Yang Tahan Suhu AC

Ini Dia Jenis Tanaman Hias Yang Tahan Suhu AC

Ketika tinggal di wilayah tropis, ruangan ber-AC bisa menjadi penyelamat dari cuaca panas dan lembap. Sayangnya, suhu dingin yang dihasilkan oleh AC dapat membahayakan kesehatan tanaman hias yang tumbuh di dalam ruangan tersebut, khususnya yang tidak tahan dengan suhu dingin. 

Oleh karena itu, pemilihan tanaman hias yang tahan suhu AC menjadi penting dalam dekorasi ruangan ber-AC. Artikel ini akan membahas 6 jenis tanaman hias yang cocok untuk dikembangkan dalam ruangan yang ber-AC.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang tanaman hias yang tahan suhu AC, yaitu lidah mertua, monstera, kaktus, diantus, aspidistra, dan pothos. Setiap jenis tanaman memiliki keunikan tersendiri dan harus disesuaikan dengan karakteristik ruangan. Yuk, simak selengkapnya!

Mengapa Memilih Tanaman Hias yang Tahan AC itu Penting?

Jika Anda menjalani gaya hidup modern, ruangan ber-AC mungkin menjadi syarat penting di ruangan Anda. Namun, lingkungan AC yang kering dapat membuat tanaman hias Anda mati atau tidak tumbuh dengan baik. Maka, memilih tanaman hias yang tahan suhu AC sangat penting.

Tanaman hias yang tahan suhu AC tidak hanya bertahan hidup dalam kondisi AC, tetapi juga menambah keindahan dan kenyamanan pada dekorasi interior Anda. Menambahkan tanaman ke dalam ruangan juga dapat meningkatkan kualitas udara di dalamnya. Namun, penting untuk memilih tanaman hias yang tepat karena tidak semua jenis tanaman cocok ditempatkan di lingkungan AC.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas 6 jenis tanaman hias yang tahan suhu AC yang dapat ditempatkan di dalam ruangan AC. Tanaman ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang bisa menambah kesegaran pada ruangan Anda. Simak ulasan kami untuk mengetahui lebih detail.

1. Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata)

Berbicara mengenai tanaman hias yang tahan suhu AC, lidah mertua (Sansevieria trifasciata) merupakan salah satu pilihan yang tepat. Tanaman yang juga dikenal dengan sebutan “snake plant” atau “mother-in-law’s tongue” ini memiliki daun yang tegak dan tebal, serta tidak membutuhkan banyak air untuk bertahan hidup.

Tidak hanya tahan terhadap suhu AC, lidah mertua juga sangat mudah dipelihara. Tanaman yang biasanya dijadikan penghias meja atau sudut-sudut ruangan ini, memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari polutan dan racun. Sehingga, selain sebagai dekorasi rumah, lidah mertua juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi penghuninya.

Bagi Anda yang ingin menambahkan lidah mertua sebagai tanaman hias di rumah, pastikan untuk menempatkannya di area terbuka dan terkena sinar matahari yang cukup. Hal ini akan mempercepat pertumbuhan dan memperkuat warna daunnya yang hijau muda kebiruan. Lidah mertua juga cocok ditempatkan di dalam pot besar dan diletakkan sebagai tanaman outdoor di ruang terbuka.

2. Monstera (Monstera deliciosa)

Tanaman Monstera, juga dikenal dengan nama Monstera deliciosa atau “telinga gajah”, merupakan salah satu tanaman hias yang tahan suhu AC. Dikenal dengan daunnya yang besar berlubang-lubang, Monstera juga memiliki kemampuan untuk menyerap zat racun dari udara, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk ruangan dengan AC.

Cara merawat tanaman Monstera cukup mudah, dengan memastikan bahwa media tanamnya selalu dalam keadaan lembab, tapi tidak terlalu basah. Sebaiknya disiram masing-masing 2-3 hari sekali, dan ditempatkan di tempat yang teduh atau bercahaya redup.

Monstera juga dapat diletakkan di dekat jendela, tetapi hindari sinar matahari langsung yang dapat merusak daunnya. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian 6 meter, jadi pastikan untuk memangkasnya secara teratur untuk mempertahankan bentuk dan ukuran yang ideal sesuai dengan ruangan Anda.

3. Kaktus (Cactaceae)

Kaktus adalah tanaman hias yang mudah tumbuh dan tahan suhu AC. Selain itu, dengan bentuk dan corak yang unik, kaktus dapat menjadi salah satu tanaman hias yang menarik untuk dipajang di ruang tamu atau kantor.

Cactaceae sendiri merupakan keluarga besar dari tanaman kaktus, dengan banyak jenis dan varietas yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah kaktus padang pasir, kaktus bola salju, dan kaktus rambut gading. Semua jenis kaktus ini tumbuh dengan baik di lingkungan yang memiliki suhu AC.

Untuk merawat kaktus, cukup berikan air sedikit saja agar tidak terlalu basah, dan jangan terkena sinar matahari langsung. Dengan perawatan yang tepat, tanaman kaktus dapat tumbuh subur dan menjadi aksen yang menarik di ruanganmu.

4. Diantus (Dianthus caryophyllus)

Tanaman diantus atau Dianthus caryophyllus merupakan tanaman hias yang tahan suhu AC dengan keindahan bunga-bunga yang beraneka warna. Tanaman diantus asli dari wilayah Mediterania dan Asia Tenggara ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup dan tidak terlalu banyak air. Cocok ditempatkan di ruangan ber-AC karena mampu bertahan pada suhu yang agak dingin.

Tanaman diantus juga dikenal memiliki manfaat medis sebagai antiseptik alami. Namun perlu diperhatikan, bagian dari tanaman ini dapat beracun jika dikonsumsi sehingga harus dijaga dengan baik apabila ditempatkan di rumah dengan anak kecil atau hewan peliharaan.

Demi menjaga keindahan dan daya tahan tanaman diantus, sebaiknya rutin memangkas daun-daun yang sudah tidak segar dan memberikan pupuk yang tepat sesuai petunjuk. Dengan perawatan yang baik, tanaman diantus dapat tetap menyajikan keindahannya pada ruangan Anda.

5. Aspidistra (Aspidistra elatior)

Tanaman aspidistra atau sering disebut “cast iron plant” ini cocok untuk ditempatkan di ruangan ber-AC. Selain tahan terhadap suhu dingin, aspidistra elatior juga tahan terhadap cuaca yang kurang terang. Bentuk daunnya yang lebar dan bertekstur kaku menjadikan tanaman ini mudah dalam perawatan dan tepat untuk diletakkan dalam pot.

Meskipun tidak membutuhkan banyak air, pastikan tanah tetap lembap dan tidak kering. Anda dapat memberikan pupuk setiap dua bulan sekali agar aspidistra tetap tumbuh subur dan berdaun hijau tua. Tanaman hias ini dapat tumbuh hingga 70 cm, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tanaman indoor.

  • Nama ilmiah: Aspidistra elatior
  • Asal: Cina, Jepang
  • Bentuk daun: lebar dan tipis dengan tekstur kaku
  • Cara pemeliharaan: Tempatkan di daerah yang teduh sebagian, tanah tetap lembap, pupuk setiap dua bulan sekali
  • Ketinggian tanaman: Mencapai 70 cm

Dengan keunikan daunnya dan kemampuannya yang tahan terhadap suhu dingin, aspidistra elatior menjadi salah satu tanaman hias yang populer untuk menghiasi ruangan ber-AC.

6. Pothos (Epipremnum aureum)

Kalau kamu ingin memiliki tanaman hias yang mudah tumbuh dan bisa bertahan di ruangan ber-AC, maka tanaman pothos atau Epipremnum aureum adalah pilihan yang tepat untukmu. Tanaman pothos memiliki daun hijau mengkilap yang memantulkan cahaya matahari. Selain itu, tanaman ini juga dikenal sebagai penjernih udara alami.

Tanaman pothos bisa ditanam dalam pot kecil di atas meja kerja atau gantung di atas jendela. Tanaman ini cocok diletakkan di ruangan kerja, ruang keluarga, atau bahkan kamar tidur. Selain itu, tanaman pothos juga cocok untuk dijadikan hadiah untuk teman atau kolega yang sedang mencari tanaman hias yang mudah ditanam dan dirawat.

Epipremnum aureum termasuk ke dalam keluarga Araceae dan sangat mudah tumbuh dan dirawat. Tanaman pothos perlu ditempatkan di lokasi terang, namun hindari sinar matahari yang langsung. Tanaman pothos juga tumbuh dengan baik pada suhu ruangan yang berkisar antara 17-30°C, sehingga cocok untuk ditempatkan di ruangan ber-AC.

  • Tanaman: Pothos
  • Nama latin: Epipremnum aureum
  • Keluarga: Araceae
  • Kelebihan: Mudah tumbuh dan tetap segar di ruangan AC

Kesimpulan

Dalam memilih tanaman hias untuk ruangan ber-AC, penting untuk memperhatikan jenis tanaman yang tahan suhu AC. Ada beberapa jenis tanaman hias yang tahan suhu AC, seperti lidah mertua, monstera, kaktus, diantus, aspidistra, dan pothos.

Dengan pemilihan yang tepat, tanaman hias dapat memberikan manfaat lebih dalam menjaga kesehatan dan keindahan ruangan. Manfaat yang dapat diperoleh antara lain menjaga kelembapan udara, menghilangkan polusi, serta memberikan efek menenangkan dan relaksasi.

Pilihlah tanaman hias yang sesuai dan nikmatilah suasana baru yang dibawa oleh tanaman hias Anda ke dalam ruangan yang ber-AC.

Simulasi KPR