Jenis Asuransi untuk Rumah yang Wajib Kamu Coba

Jenis Asuransi untuk Rumah yang Wajib Kamu Coba

Kali ini, solusindojitu mau membagikan tentang sesuatu yang penting banget buat kamu  semua, yaitu jenis asuransi rumah. Tapi, sebelum itu kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang Asuransi rumah itu apa sih?

Asuransi rumah adalah produk keuangan yang fungsinya untuk melindungi kamu dari resiko kerugian finansial akibat terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada rumah kamu.

Kenapa Kamu perlu asuransi rumah? Karena rumah itu adalah salah satu aset paling berharga yang kamu punya. Rumah itu merupakan tempat tinggal, tempat kamu beristirahat, tempat untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Rumah itu juga bisa jadi sumber penghasilan, misalnya kalau kamu sewakan atau jual.

Bayangkan kalau tiba-tiba rumah kamu rusak parah karena kebakaran atau banjir. Atau kalau ada maling yang masuk dan ngambil barang-barang berharga kamu. Atau kalau ada gempa bumi yang bikin rumah kamu  roboh. Pasti kamu  bakal stres dan sedih banget kan? Belum lagi biaya perbaikan atau pembangunan rumah yang pasti mahal.

Nah, kalau kamu  punya asuransi rumah, kamu  gak perlu khawatir lagi dengan hal-hal seperti itu. Karena pihak asuransi akan membayar ganti rugi sesuai dengan nilai pertanggungan yang kamu  sepakati. Jadi, kamu  bisa tenang dan nyaman tinggal di rumah kamu tanpa takut ada apa-apa.

Tapi, sebelum kamu membeli asuransi rumah, kamu harus tahu dulu jenis-jenis asuransi rumah yang ada di pasaran. Karena gak semua asuransi rumah itu sama. Ada beberapa jenis asuransi rumah yang menawarkan perlindungan yang berbeda-beda. Apa aja sih jenis asuransi rumah itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis Asuransi untuk Rumah yang Wajib Kamu Coba

1. Asuransi Rumah PSAKI (Kebakaran)

Asuransi rumah PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia) adalah jenis asuransi rumah yang paling umum dan paling murah. Asuransi ini hanya menanggung risiko kebakaran saja, baik akibat petir, ledakan, atau asap. Jadi, kalau ada kerusakan lain selain kebakaran, misalnya banjir, gempa bumi, atau pencurian, asuransi ini gak akan bayar ganti rugi.

Asuransi ini cocok buat kamu yang tinggal di daerah yang minim risiko bencana alam atau kriminalitas. Tapi, kalau kamu mau perlindungan lebih lengkap, kamu bisa menambahkan beberapa klausula tambahan (endorsement) dengan biaya tambahan. Misalnya klausula banjir, klausula gempa bumi, klausula pencurian, dan sebagainya.

2. Asuransi Rumah Property All Risk

Asuransi rumah property all risk adalah jenis asuransi rumah yang paling lengkap dan paling mahal. Asuransi ini menanggung semua risiko kerusakan pada harta benda dan atau kepentingan yang dipertanggungkan, kecuali risiko-risiko yang tertera pada pengecualian. Misalnya perang, sabotase, pemogokan, kerusakan akibat kesengajaan atau kelalaian tertanggung.

Jenis Asuransi rumah ini cocok buat kamu yang tinggal di daerah yang rawan bencana alam atau kriminalitas. Dengan asuransi ini, kamu gak perlu khawatir lagi dengan apa pun yang terjadi pada rumah kamu. Karena asuransi ini akan membayar ganti rugi sesuai dengan nilai pertanggungan yang kamu sepakati.

3. Asuransi Rumah Home Package

Asuransi rumah home package adalah jenis asuransi rumah yang menawarkan paket perlindungan yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Asuransi ini menanggung risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap (FLEXAS) sebagai manfaat dasar. Selain itu, jenis asuransi rumah ini juga memberikan beberapa manfaat tambahan, seperti:

  • Risiko kerusuhan, pemogokan, perilaku jahat hingga 10% UP
  • Santunan biaya akomodasi sementara hingga 5% UP
  • Asuransi biaya perjalanan pembuangan puing hingga Rp 5.555
  • Pertanggungan biaya kebakaran hingga Rp 5 juta
  • Tanggung jawab naik hingga Rp10 juta per kejadian (hingga Rp250 juta selama masa asuransi)
  • Asuransi kecelakaan hingga Rp100 juta per kasus insiden
  • Manfaat kompensasi pembantu rumah tangga hingga Rp5 juta per kasus

Asuransi ini cocok buat kamu yang ingin perlindungan yang komprehensif dan terjangkau. Dengan asuransi ini, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat yang bisa membantu kamu mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi pada rumah kamu.

Kesimpulan

Demikianlah tadi beberapa jenis asuransi rumah yang wajib kamu coba dan dapat di jadikan solusi buat kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu, khususnya buat kamu yang sedang mencari asuransi rumah yang tepat. Ingat, rumah itu adalah aset berharga yang harus kamu  lindungi dengan baik. Jangan sampai kamu  menyesal nanti kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada rumah kamu .

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, lindungi rumahmu sekarang juga dengan asuransi rumah. Jika kamu punya pertanyaan atau saran silahkan tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat berkunjung!

Simulasi KPR