Perhatikan 11 Hal Ini Jika Millenial Ingin Beli Rumah KPR

Perhatikan 11 Hal Ini Jika Millenial Ingin Beli Rumah KPR

Membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah impian banyak milenial. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli rumah KPR, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Dalam panduan ini, kami akan memberikan informasi yang relevan dan data-data penting untuk membantu para milenial dalam memilih dan membeli rumah KPR yang tepat. Dengan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor tersebut, para pembeli rumah dapat mengambil keputusan yang lebih cerdas, mengelola keuangan dengan lebih baik, dan memastikan keberhasilan investasi mereka.

 

Lokasi yang Strategis

Memilih lokasi rumah yang strategis sangat penting. Pertimbangkan faktor-faktor seperti aksesibilitas, akses ke transportasi publik, akses ke fasilitas umum (sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan), dan potensi nilai properti di masa depan. Selain itu, perhatikan juga keamanan dan kualitas lingkungan di sekitar lokasi tersebut.

 

Fasilitas dan Infrastruktur

Periksa fasilitas yang ditawarkan oleh pengembang properti. Pastikan ada fasilitas seperti taman bermain, area olahraga, kolam renang, pusat kebugaran, dan ruang komunitas. Selain itu, perhatikan juga infrastruktur seperti akses jalan yang baik, sistem pengamanan, dan fasilitas kebersihan yang memadai.

 

Membuat Anggaran Bulanan yang Realistis

Sebelum memulai proses pembelian rumah KPR, penting bagi milenial untuk membuat anggaran bulanan yang realistis. Selain menghitung cicilan bulanan, pertimbangkan juga biaya-biaya lain seperti pajak properti, biaya perawatan rumah, dan biaya asuransi. Pastikan bahwa anggaran bulanan kamu mampu menutupi semua biaya tersebut.

 

Mengecek Reputasi Developer

Pilihlah pengembang properti yang memiliki reputasi baik dan telah memiliki pengalaman dalam menyelesaikan proyek-proyek sebelumnya. Cari tahu tentang kualitas bangunan yang dibangun oleh pengembang tersebut, ulasan dari pemilik rumah sebelumnya, dan penghargaan atau sertifikat yang mereka peroleh.

 

Memahami Garansi Booking Fee Rumah KPR

Sebelum membayar booking fee, pastikan kamu memahami dengan jelas syarat dan ketentuan garansi pengembalian booking fee. Simpanlah semua bukti pembayaran dengan baik dan pastikan mendapatkan kesepakatan tertulis yang melindungi hak kamu sebagai pembeli.

 

Mengetahui Besarnya Plafon Kredit

Sebelum mengajukan KPR, ketahui dengan pasti besarnya plafon kredit yang bisa kamu peroleh dari bank. Carilah informasi terkait dana yang dibutuhkan, kebijakan pemberian pinjaman bank, dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan plafon kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Perhitungan Suku Bunga yang Menguntungkan

Pahami dengan baik cara perhitungan suku bunga KPR. Mintalah simulasi tabel cicilan dengan berbagai jenis suku bunga yang ditawarkan. Perhatikan apakah suku bunga tersebut tetap (fix) atau mengambang (floating), serta persyaratan yang diperlukan untuk mengubah suku bunga dari tetap menjadi mengambang atau sebaliknya.

 

Menyesuaikan Masa Pinjaman dengan Kemampuan Finansial

Mengatur masa tenor pinjaman KPR dengan bijak sangat penting. Pertimbangkan kemampuan finansialmu dalam membayar cicilan rumah dan pilihlah masa tenor yang sesuai. Ingatlah bahwa semakin lama masa tenor, cicilan bulanan akan semakin rendah, namun jumlah bunga yang harus dibayar akan bertambah.

 

Memperkirakan Lama Proses Pengajuan

Tanyakan kepada bank terkait estimasi waktu yang dibutuhkan untuk proses pengajuan KPR. Setiap bank memiliki waktu yang berbeda-beda dalam menyelesaikan proses pengajuan. Informasi ini akan membantumu dalam merencanakan jadwal dan mengelola harapanmu dengan baik.

 

Memperhitungkan Biaya Administrasi yang Terkadang Terlupakan

Selain uang muka dan cicilan bulanan, ada biaya administrasi lain yang perlu dipertimbangkan. Biaya-biaya tersebut meliputi provisi, biaya administrasi, biaya notaris/PPAT, pengecekan sertifikat, pengikatan jaminan, asuransi jiwa kredit, dan biaya-biaya terkait penutupan kredit. Pastikan kamu telah memasukkan semua biaya ini ke dalam anggaran pembelian rumahmu.

 

Mengantisipasi Biaya Lainnya dan Mengevaluasi Keunggulan Fasilitas

Selain biaya administrasi, para pembeli rumah juga perlu mengantisipasi biaya lain yang mungkin muncul setelah kepemilikan rumah, seperti biaya pemeliharaan, perbaikan, dan utilitas. Selain itu, evaluasilah juga keunggulan fasilitas yang ditawarkan oleh pengembang properti, seperti keamanan 24 jam, akses ke fasilitas umum, dan keberadaan area hijau atau taman.

 

Kesimpulan

Membeli rumah KPR adalah keputusan besar yang membutuhkan pemikiran matang. Dalam memilih dan membeli rumah KPR, para milenial perlu mempertimbangkan faktor-faktor penting seperti lokasi, fasilitas, anggaran, reputasi pengembang, dan proses pengajuan. Dengan menggunakan panduan ini sebagai acuan, mereka dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan menghindari kesalahan yang mahal. Melalui pemahaman yang baik dan penelitian yang cermat, para milenial dapat memastikan bahwa mereka memilih rumah KPR yang sesuai dengan kebutuhan, keuangan, dan gaya hidup mereka.

Simulasi KPR