7 FAKTOR PENTING SAAT MEMILIH TEMPAT TINGGAL

Punya rumah sendiri tentu saja impian semua orang, apalagi untuk Anda yang merupakan pasangan muda yang baru menikah atau yang sedang merencanakan pernikahan. Rumah merupakan tempat dimana kita kembali saat seharian beraktivitas, tempat untuk beristirahat dengan nyaman bersama keluarga tercinta. Rumah sebagai salah satu kebutuhan yang penting, dalam memilih tempat tinggal tentunya tidak boleh sembarangan.

Memilih tempat tinggal yang nyaman tidak hanya sebatas mempertimbangkan jenis, desain dan tipenya. Banyak hal yang harus dipertimbangkan saat memilih lokasi untuk tempat tinggal. Lingkungan yang aman dan nyaman, baik dalam rumah atau di lingkungan sekitar menjadi yang utama.

Selain itu ada faktor lainnya yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah agar tidak menyesal dikemudian hari. Apalagi dalam memilih tempat tinggal yang nantinya akan ditempati seumur hidup tentunya banyak yang harus dipertimbangkan dengan matang. Lingkungan yang nyaman tidak hanya kebersihan dan suasananya saja, tetapi juga harus didukung dengan lingkungan sosial yang baik. Kenyamanan akan tercipta ketika lingkungan sekitar rumah mendukung. Memilih tempat tinggal yang tepat akan membuat hidupmu menjadi berkualitas. Lantas, apa saja ya faktor dan hal yang harus diperhitungkan pertimbangkan sebelum memililh hunian yang nyaman? Simak penjelasannya berikut ini!

Lokasi

Pemilihan lokasi menjadi faktor utama saat akan membeli rumah baru, setiap orang tentu memiliki pendapat masing-masing dalam memilih lokasi rumah yang menurutnya terbaik, ada yang memilih dekat orang tua, mertua, dekat dengan kantor atau yang hanya ingin daerah tinggal yang tenang. Pemilihan rumah terkait lokasi yang umumnya akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan harga dan nilai investasi dari rumah yang akan Anda beli nantinya.

Harga Hunian yang Akan Dipilih

Membeli rumah tentu perlu perencanaan yang baik dan matang karena harga rumah yang mahal dan cenderung meningkat terus setiap tahunnya. Hal yang harus mempertimbangkan saat memilih tempat tinggal adalah keterjangkauan harga. Sesuaikan jenis rumah dengan kebutuhan dan budget yang telah Anda siapkan sebelumnya, jangan memaksakan diri untuk membeli rumah yang terlalu mahal namun dana yang dimiliki belum cukup. Pada saat memilih tempat tinggal sesuaikan dengan pemasukam setiap bulan sehingga dapat membayar cicilan dengan lancar setiap bulannya dan rumah tersebut bisa lunas tepat waktu. Agar membayar rumah lebih ringan kamu dapat memanfaatkan fasilitas dana pinjaman dari bank dengan sistem KPR.

Kondisi Jalan Utama

Kondisi jalan utama juga perlu dipertimbangkan saat memilih tempat tinggal, karena jalan utama menjadi titik akses penting menuju rumah Anda. Jangan sampai kondisi jalan kurang baik dan sulit dijangkau. Jadi pastikan jalan menuju hunian tempat tinggal Anda memiliki akses jalan yang cukup baik dan lebar sehingga mendukung untuk bisa menuju ke berbagai fasilitas umum dengan mudah dan cepat.

Kebersihan Lingkungan

Perhatikan kebersihan lingkungan sekitar saat memilih tempat tinggal, termasuk jarak dari rumah ke tempat pembuangan sampah dan pastikan saluran pembuangan air tidak mampet. Kebersihan lingkungan sangat penting bagi kesehatan keluarga Anda. Apabila lingkungan sekitar tidak bersih maka kesehatan keluarga Anda terancam.

Pilihlah lingkungan tempat tinggal yang keasriannya masih terjaga, lingkungan yang masih asri memberikan suasana dan udara yang sejuk sehingga membuat Anda lebih nyaman saat beristirahat dirumah. Lingkungan sekitar yang lebih banyak penghijauannya akan terlihat lebih menarik. Karena penghijauan di lingkungan sekitar memberikan kesan relaksasi untuk mata. Dengan lebih banyak penghijauan, biasanya kualitas udara juga akan menjadi lebih baik.

Kemudahan Transfortasi

Meskipun rumah di jalan raya atau dekat jalan raya mungkin lebih berpotensi untuk terkena polusi, tetapi hal ini juga berarti jarak antara rumah Anda ke pusat transportasi juga lebih dekat. Misalnya memilih tempat tinggal yang dekat stasiun, halte atau dilewati akses angkutan umum lainnya dapat memberikan kemudahan bertransportasi. Karena dapat memberikan kemudahan bertransportasi ke tempat kerja Anda atau ke berbagai fasilitas umum.

Fasilitas Umum

Pertimbangan selanjutnya dalam memilih tempat tinggal yang nyaman adalah yang berdekatan dengan fasilitas umum di sekitar rumah Anda. Masyarakat yang tinggal di sebuah daerah tidak hanya membutuhkan tempat tinggal, tetapi juga membutuhkan berbagai hiburan dan berbagai fasilitas yang lain.

Lokasi sebuah properti dikatakan strategis, jika berdekatan dengan pusat belanja, mall, sarana transportasi umum, bioskop, sarana kesehatan, dan fasilitas lainnya yang Anda butuhkan untuk keperluan sehari-hari. Fasilitas-fasilitas seperti ini harus Anda perhatikan juga dalam memilih tempat tinggal, apalagi jika Anda membutuhkannya secara cepat tentunya akan lebih mudah apabila dekat dengan berbagai fasilitas umum.

Lingkungan Aman

Rumah dengan lingkungan yang aman, baik itu dari banjir hingga tindakan kriminalitas. Hal itu tentu akan memberikan kenyamanan agi Anda dan keluarga. Bebas dari banjir menjadi salah satu hal penting dalam menentukan lokasi rumah. Akan menjadi sia-sia jika memiliki properti bagus tapi lokasi properti rawan banjir. Tempat tinggal yang nyaman tentunya bebas dari banjir, karena rutinitas sehari-hari akan terganggu dan transportasi menjadi sulit jika tempat tinggal terkena banjir.

Selain mengganggu aktivitasmu banjir juga bisa mempengaruhi nilai jual aset Anda. Untuk itu agar tidak mengungsi saat musim hujan atau merugi gara-gara perabotan yang rusak karena terendam banjir lakukan riset agar mengetahui lokasi mana saja yang sering banjir dan lokasi yang aman. Maka dari itu pada saat memilih tempat tinggal bukan karena keindahannya saja tetapi dilihat juga dari posisi dari lokasi tersebut.

Sementara itu, saat ini semakin banyak berita-berita kriminalitas seperti pencurian dan perampokan, penculikan, bahkan pembunuhan di area perumahan. Faktor keamanan juga menjadi poin penting ketika Anda mencari lokasi rumah yang strategis. Anda bisa melakukan survey lokasi terlebih dahulu dan mencari informasi kepada masyarakat sekitar untuk menanyakan keamanan di lokasi tersebut.

Pastikan bahwa rumah yang Anda dipilih berada di lokasi yang aman dari tindakan kriminalitas, dan memiliki sistem keamanan yang baik agar jauh dari kejahatan tersebut. Perumahan yang baik tentunya akan dilekngkapi keamanan yang tinggi, misalnya seperti CCTV, sehingga akan memudahkan petugas keamanan saat melakukan pemantauan ketika terjadi tindak kejahatan.

Selain itu para petugas keamanan seharusnya tidak hanya mengandalkan CCTV tetapi juga selalu siap siaga setiap saat. Bisa juga Anda dalam memilih tempat tinggal yang menggunakan system keamanan one gate system, karena perumahan yang menggunakan one gate system memiliki tingkat keamanan yang cukup baik sehingga layak untuk Anda pilih sebagai hunian strategis. Faktor-faktor tersebut menjadi beberapa aspek utama yang bisa Anda pertimbangkan pada saat ingin memilih tempat tinggal sesuai dengan impianmu!

Leave a reply

Simulasi KPR