Tips Aman Beli Rumah Pertama Untuk Millenial

Tips Aman Beli Rumah Pertama Untuk Millenial

Daftar Isi

Pentingnya memiliki strategi dan pengetahuan sebelum membeli rumah pertama tidak bisa diabaikan. Generasi milenial seringkali menghadapi tantangan tingginya harga properti saat ini. Artikel ini lebih akan membantu para generasi milenial yang saat ini sedang berencana mencari rumah, serta kami akan membahas tips-tips supaya kamu terhindar dari penipuan.
Ikuti tips berikut ini supaya kamu segera dapat memiliki rumah idaman:

 

Menyesuaikan dengan Kondisi Finansial

  • Mengenal kondisi finansial secara jelas

Sebelum membeli rumah pertama, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang kondisi finansialmu. Lakukan evaluasi menyeluruh terhadap pendapatan dan pengeluaranmu. Dengan pemahaman ini, kamu dapat menentukan seberapa besar alokasi gaji dan tabungan yang bisa kamu peruntukkan untuk membeli rumah.

 

  • Menentukan alokasi gaji dan tabungan beli rumah

Setelah mengetahui kondisi finansialmu, tentukan sejumlah dana yang akan dialokasikan dari gaji dan tabungan untuk pembelian rumah pertama. Dengan mengatur alokasi ini, kamu dapat mempersiapkan modal yang cukup untuk membayar uang muka (DP) dan cicilan rumah.

 

  • Membuat rencana jangka waktu pembelian dan alokasi gaji untuk pelunasan DP dan cicilan

Selain menentukan alokasi dana, penting juga untuk membuat rencana jangka waktu pembelian rumah dan alokasi gaji untuk membayar DP dan cicilan. Hal ini akan membantumu mengatur keuangan dengan lebih teratur dan memberikan gambaran tentang seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan membeli rumah.

 

Memilih Developer yang Terpercaya

  • Pentingnya mengenali riwayat developer yang dipilih

Dalam memilih developer properti, penting untuk mengenali riwayat dan reputasi developer tersebut. Telusuri proyek-proyek sebelumnya yang telah mereka bangun dan periksa kualitas serta keberhasilan proyek-proyek tersebut. Hal ini akan membantumu mendapatkan rumah yang berkualitas dari developer yang terpercaya.

 

  • Rekomendasi dari orang terdekat sebagai pertimbangan

Mendapatkan rekomendasi dari orang terdekat yang telah membeli rumah dari developer tertentu juga dapat menjadi pertimbangan yang berharga. Tanyakan pengalaman mereka dan perhatikan apakah mereka puas dengan rumah yang dibeli dan layanan yang diberikan oleh developer tersebut.

 

  • Perbandingan harga dan kualitas dengan properti serupa

Sebelum memutuskan membeli rumah dari developer tertentu, lakukanlah perbandingan harga dan kualitas dengan properti serupa dari developer lain. Dengan membandingkan harga dan kualitas, kamu dapat memastikan bahwa rumah yang akan kamu beli memiliki nilai yang sebanding dan sesuai dengan anggaranmu.

 

Memilih Sistem Pembayaran yang Terbaik

  • Pilihan antara pembayaran tunai atau kredit

Setelah menentukan rumah yang akan dibeli, perlu dipertimbangkan pilihan antara pembayaran tunai atau kredit. Jika kamu memiliki dana yang cukup, pembayaran tunai dapat menjadi opsi yang menguntungkan karena akan menghindarkanmu dari beban cicilan dan bunga. Namun, jika kamu tidak memiliki dana tunai yang mencukupi, pilihan kredit dapat membantu memperoleh rumah impianmu dengan membayar secara berkala.

 

  • Memperhitungkan besar DP dan angsuran bulanan

Jika memilih pembayaran melalui kredit, perhatikan besarnya uang muka (DP) yang harus kamu bayar. Semakin besar DP yang kamu bayar, semakin kecil pula jumlah pinjaman yang harus kamu ajukan, dan ini akan mempengaruhi jumlah angsuran bulanan yang harus kamu bayar. Pastikan DP dan angsuran bulanan sesuai dengan kemampuan finansialmu agar tidak memberatkan.

 

  • Skema kredit melalui bank atau kredit in-house

Ada dua skema kredit yang umum digunakan, yaitu kredit melalui bank atau kredit in-house yang ditawarkan oleh developer. Jika memilih kredit melalui bank, perhatikan suku bunga, tenor, dan persyaratan lainnya. Namun, jika developer menawarkan kredit in-house atau biasa disebut juga cash bertahap, teliti juga persyaratannya dan bandingkan dengan penawaran bank untuk memastikan kamu memilih skema yang paling menguntungkan.

 

Menyesuaikan Harga dan Uang Muka

  • Pentingnya menentukan harga dan uang muka yang sesuai

Dalam membeli rumah pertama, penting untuk menentukan harga rumah yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Hindari memaksakan membeli rumah yang melebihi kemampuanmu karena hal ini dapat menyebabkan kesulitan keuangan di masa depan. Selain itu, tentukan juga besarnya uang muka yang dapat kamu bayar, sesuaikan dengan persentase yang direkomendasikan.

 

  • Dampak uang muka terhadap jumlah cicilan bulanan

Semakin besar uang muka yang kamu bayarkan, semakin kecil jumlah pinjaman yang perlu kamu ajukan. Hal ini akan berdampak pada jumlah cicilan bulanan yang lebih rendah. Memiliki uang muka yang mencukupi dapat membantu mengurangi beban finansialmu dan mempercepat proses pelunasan rumah.

 

  • Perjanjian pembayaran angsuran dalam jangka waktu yang disepakati

Setelah menentukan harga dan uang muka, penting juga untuk membuat perjanjian pembayaran angsuran dalam jangka waktu yang disepakati. Pastikan kamu memahami dengan jelas perjanjian ini, termasuk besarnya cicilan bulanan, bunga yang dikenakan, dan tenggat waktu pelunasan. Selalu patuhi kewajiban pembayaran agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

 

Memperhatikan Lokasi Strategis dan Keamanan

Lokasi rumah sangat penting dalam membeli rumah pertama. Pilihlah lokasi yang strategis dan memiliki akses mudah ke angkutan umum. Pertimbangkan faktor-faktor seperti jarak rumah ke tempat kerja, sekolah, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum lainnya yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Lokasi yang strategis akan memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mobilitas.

 

  • Memastikan keamanan lingkungan dan menghindari daerah rawan bencana

Keamanan lingkungan adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Lakukan riset tentang tingkat keamanan lingkungan di sekitar rumah yang akan kamu beli. Hindari daerah yang terkena rawan bencana seperti banjir, longsor, atau daerah dengan tingkat kejahatan tinggi. Memilih lingkungan yang aman akan memberikan rasa nyaman dan ketenangan dalam tinggal di rumah tersebut.

 

  • Tanya penduduk setempat atau cek peta banjir

Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang lokasi dan keamanan lingkungan, kamu dapat berbicara dengan penduduk setempat atau menggunakan peta banjir. Penduduk setempat dapat memberikan wawasan tentang kondisi lingkungan sehari-hari, sedangkan peta banjir akan membantu kamu menghindari daerah yang sering terkena banjir. Informasi ini akan membantu kamu membuat keputusan yang lebih cerdas dalam memilih rumah pertama.

 

Mengamati Fasilitas dan Lingkungan Sekitar

  • Memperhatikan fasilitas rumah seperti listrik, air, akses kendaraan, dan saluran air

Ketika memilih rumah pertama, penting untuk memperhatikan fasilitas yang disediakan. Pastikan rumah memiliki pasokan listrik yang memadai, akses air bersih yang lancar, serta akses kendaraan yang mudah. Selain itu, periksa juga kondisi saluran air dan sanitasi rumah agar kamu tidak menghadapi masalah yang tidak diinginkan di masa mendatang.

 

  • Mengetahui situasi lingkungan sekitar seperti kebersihan dan akses jalan

Lingkungan sekitar juga memiliki peran penting dalam kualitas hidupmu. Pastikan lingkungan sekitar rumah bersih, nyaman, dan terawat dengan baik. Selain itu, perhatikan juga akses jalan menuju rumah, apakah mudah dilalui atau sering mengalami kemacetan. Lingkungan yang nyaman dan aksesibilitas yang baik akan memberikan kenyamanan dalam kegiatan sehari-hari.

 

  • Pertimbangkan adanya fasilitas umum di kompleks perumahan

Jika memilih rumah di kompleks perumahan, perhatikan juga adanya fasilitas umum yang disediakan. Misalnya, taman bermain, kolam renang, pusat kebugaran, atau area rekreasi lainnya. Keberadaan fasilitas ini dapat memberikan nilai tambah dalam membeli rumah pertama. Pastikan fasilitas tersebut sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidupmu.

 

Memperhatikan Kekuatan Material Rumah

  • Pentingnya mempertimbangkan kualitas material bangunan

Kualitas material bangunan adalah faktor penting dalam membeli rumah pertama. Pastikan mempertimbangkan kualitas material yang digunakan dalam konstruksi rumah tersebut. Material yang berkualitas tinggi akan memberikan keawetan dan ketahanan yang lebih baik dalam jangka panjang.

 

  • Perhatikan material dinding, lantai, atap, dan bahan bangunan lainnya

Periksa dengan teliti material dinding, lantai, atap, dan bahan bangunan lainnya yang digunakan dalam pembangunan rumah. Pastikan material tersebut berkualitas dan tahan lama. Misalnya, pilihlah dinding yang terbuat dari material yang kokoh dan tahan terhadap cuaca ekstrem, lantai yang tahan terhadap keausan, serta atap yang kuat dan tahan bocor.

 

  • Dampak material yang berkualitas terhadap keawetan dan nilai rumah

Memilih material yang berkualitas bukan hanya akan memberikan keawetan rumah, tetapi juga dapat mempengaruhi nilai properti di masa depan. Material yang bagus cenderung membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dan memiliki daya tahan yang lebih lama. Hal ini dapat berdampak positif pada nilai rumahmu jika suatu saat kamu memutuskan untuk menjualnya.

 

Kesimpulan

  • Membuat keputusan yang bijaksana dalam membeli rumah pertama

Dalam proses membeli rumah pertama, penting untuk membuat keputusan yang bijaksana dan matang. Pertimbangkan semua faktor yang telah dibahas, termasuk kondisi finansial, pilihan developer, sistem pembayaran, harga, lokasi, fasilitas, dan kualitas material. Dengan demikian, kamu dapat memastikan membeli rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu.

 

  • Menggunakan tips dan pengetahuan yang telah diberikan

Gunakan tips dan pengetahuan yang telah diberikan dalam artikel ini sebagai panduan dalam membeli rumah pertama. Lakukan riset, konsultasikan dengan ahli, dan jangan ragu untuk bertanya pada orang-orang yang berpengalaman dalam bidang ini. Dengan persiapan yang matang, kamu dapat menghindari kesalahan dan membuat keputusan yang lebih baik.

 

  • Mewujudkan hunian impian sesuai kebutuhan dan budget

Tujuan akhir dari membeli rumah pertama adalah mewujudkan hunian impian yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, pertimbangkan semua aspek yang relevan, dan pastikan rumah yang kamu beli sesuai dengan keinginanmu. Dengan melakukan langkah-langkah yang tepat, kamu akan dapat menikmati hunian impianmu dengan nyaman dan bahagia.

 

Mencari rumah pertama memang akan memakan banyak lebih banyak waktu, karena kamu harus mempelajari hal-hal baru terkait bangunan, pembiayaan, lingkungan dan hal lainnya. Namun saat ini PT Solusindo Jitu memberikan solusi untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan semua itu, dari legalitas serta proses KPR semua akan dibantu oleh konsultan properti in-house yang sudah berpengalaman, semua dilakukan transparan karena setiap pembelian rumah akan ada grup WhatsApp tersendiri sehingga kamu akan selalu mendapatkan update progress KPR atau pembangunan rumah kamu.
Range harga yang diberikan oleh PT Solusindo Jitu juga variatif mulai dari 500 jutaan hingga 3 -an, semua tergantung dari budget kamu untuk dapat memiliki rumah nyaman dan asri di Jogja.

 

Yuk, segera konsultasikan kebutuhan properti mu dengan konsultan properti kami, hubungi kami dengan klik link berikut ini: Hubungi WhatsApp

Simulasi KPR